Skip to main content

3 Cara Mengatasi Mobile Legends Sering lag dan Force Close di HP RAM 1 GB

Bagi Anda yang bermain game Mobile Legends : Bang Bang  ( ML ) di Hp Android dengan RAM 1 Gb tentu akan mengalami lag dan force close. Hal ini terjadi akibat kinerja dari game MOBA yang membutuhkan RAM lebih dari 75%. Sehingga mengakibatkan aplikasi keluar dengan sendirinya ketika sedang asyiknya bermain.

3 Cara Mengatasi Mobile Legends Sering lag dan Force Close di HP RAM 1 GB

Untuk mengatasi lag dan force close saat bermain mobile legends  di Smartphone Android dengan kapasitas RAM 1 GB. Anda membutuhkan jaringan internet dengan kecepatan yang stabil dan merubah pengaturan yang tepat, supaya kinerja RAM dan grafis dapat berfokus pada game ML.

Ada berbagai cara mengatasi lag dan aplikasi yang keluar sendiri saat bermain mobile legends yang bisa Anda temukan saat ini. Akan tetapi hal tersebut tidak berkeja dengan baik bukan ... ? Oleh karenanya Anda datang pada situs yang tepat, sebab kali ini TipsAndroidTerkini ingin memberikan tips dan trik yang untuk merubah settingan dan menggunakan bantuan aplikasi kinerja sistem untuk meminimalisir terjadinya lag dan force close saat bermain Mobile Legends : Bang Bang di HP RAM 1 GB.

Cara Agar Tidak Lag Saat Bermain Mobile Legends di HP RAM 1 GB


Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan supaya lancar bermain mobile legends di Smartphone Android dengan spesifikasi Low end dan Entry level dengan RAM 1 GB.

1. Gunakan Jaringan Internet dengan Kecepatan Stabil

Hal yang pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jaringan intenet saat bermain mobile legends. Karena seperti yang kita ketahui game online multiplayer 5 V 5 ini membutuhkan kecepatan internet yang tidak main - main. Hal itu  cukup logis oleh penggunaan grafis Animasi pada setiap hero dan latar tempat dalam banyaknya pemain online yang di tampung setiap server dalam setiap mode battle baik Clasic , Rank, Brawl Maupun Epic. Berbeda dengan Mode Custom atau latihan yang bisa kita maenkan dalam keadaan offline sekalipun.

Sebab itulah jaringan internet yang lemot dapat membuat pemain mengalami Lag dan patah - patah. Yang mengakibatkan susahnya mengotrol hero yang kita mainkan. Dan biasanya dalam hal ini kita akan melihat ping merah pada sinyal dan notifikasi reconnect atau menghubungkan kembali saat sedang bermain.

Gunakan Jaringan intenet dengan kecepatan yang stabil di daerah Anda. Silahkan uji coba setiap opertor seluler di tempat Anda baik itu Telkomsel, Tri, XL, Axis, Smarfren, dan Indosat. Usahakan menggunakan jaringan internet yang sudah suport 4G lte di tempat Anda. Namun kami sarankan untuk menggunakan fasiltas jaringan WIFI yang baik.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Terbaik Untuk Mempercepat Internet Di Android

2. Gunakan Aplikasi Pengubah Grafis dan Penghenti Aplikasi Lain yang sedang Berjalan di RAM 

Bila masalah internet sudah di atasi, sekarang Anda perlu menggunakan aplikasi agar main Mobile Legends tidak lag. Yaitu pengubah grafis dan penghenti aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Anda bisa menggunakan palikasi GLTool dan Link2SD atau greenfity.

Aplikasi GLtools memiliki fungsi untuk mengubah pengaturan grafis pada game Mobile Legends supaya sesuai dengan spesifikasi Smartphone Android Anda. Sedangkan Grenfity adalah aplikasi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakaang secara diam - diam yang mengakibatkan aplikasi Mobile Legends mengalami force close atau keluar dengan sendirinya.

Pertama, download install aplikasi GLtool.apk dan untuk menggunakan aplikasi ini, Ponsel yang kamu miliki harus sudah di root.

Baca :
Cara Root Android Versi Lollipop 5,1 Tanpa PC
Root Android Versi Kitkat Tanpa PC Untuk Semua Tipe Hp

Cara setting GLtool untuk bermain Mobile legends di RAM 1 GB

Buka aplikasi Gltool lalu cari dan pilih game Mobile legend. maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan ikuti pengaturanya. Pada  Point Use lower render resolution Pilih lah Costum dan atur di garis 150%.

Cara setting GLtool untuk bermain Mobile legends di RAM 1 GB

2. Berikutnya Ceklis pengaturan seperti di gambar berikut.

Cara setting GLtool untuk bermain Mobile legends di RAM 1 GB

use a tamplat Pilih lah GPU:adreno530 untuk sentuhan1
pilih lagi Use a Tamplate pilihlah CPU:8CPUs untuk sentuhan 2
pilih lagi Use a tamplate pilihlah  RAM:8GB untuk sentuhan 3

3. Selesai. Selain Menggunakan Aplikasi GPU, kamu juga bisa mengakalinya dengan menggunakan Custom ROM Android yang memiliki spesifikasi grafis bagus dan sesuai dengan Smartphone android Anda.

Langkah berikutnya Anda download dan install aplikasi Greenify di google playstore atau disini. Aplikasi ini sangat membantu untuk mengatasi lag ketika bermain meobile legends. Seperti yang sudah di jelaskan funsgi dari aplikasi grenfity adalah untuk menghentikan atau hibernasi aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan otomatis.Aplikasi ini bisa kamu gunakan baik tidak dalam root sistem maupun HP yang sudah di root.

Cara menggunakan Greenify 

Buka Aplikasi greenify dan ikuti petunjuk waktu pertama kali mebuka. Pilih otomatis hibernasy jika anda menemukan pengaturan tersebut.

Klik pada icon + untuk melihat aplikasi yang bejalan di latar belakang. Kemudian pilih semua aplikasi tersebut.

Setelah itu Anda akan di kembalikan di menu awal greenify. Tekan icon Zzz untuk memulai hibernasy.

3. Paksa Berhenti Semua Aplikasi Yang berjalan di Latar Belakang Sebelum Bermain Mobile Legend

Selain menggunakan bantuan aplikasi greenify dan Link2SD untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Anda juga harus menghentikan aplikasi yang tidak di gunakan secara manual. Karena tidak semua aplikasi dapat di hibernasi secara otomatis oleh Greenify, khususnya aplikasi bawaan dan beberapa sistem yang tidak berguna.

Adapun aplikasi lain yang bisa kamu gunakan adalah Xbooster - Free RAM. Aplikasi yang sebelumnya hanya ada pada Samrtphone Sony yang bebasis game mampu membuat RAM smartphone Anda lebih stabil saat bermain game Mobile legends. Aplikasi Xbooster - Free RAM bisa kamu unduh secara gratis di google play store.

dan Untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus menggabungkan dengan setting opsi developer yang sudah yang sudah banyak di share dalam tips bermain mobile legend tanpa lag di HP android RAM 1 GB.

Sekarang, Anda bisa mencoba bermain Mobile Legends setelah melakukan 3 langkah di atas. Dan rasakan perbedaanya.

Baca juga :

Build Hero Martis Tersakit Auto Savage Terbaru
Tips Farming Hero cepat naik level di Mobile Legends

Kesimpulan

Mebile Legends : Bang Bang merupakan jenis permain Multiplayer online battle arena ( MOBA ) yang sebenarnya di peruntukan spesifikasi Smartphone high level. Tetapi karena peminatnya yang besar atau banyak di mainkan pengguna di seluruh dunia. Mooton sebagai developer juga saat ini sudah banyak melaukan update untuk mengoptimasi smartphone kelas menengah dan bawah dengan RAM 1 GB supaya dapat di mainkan dengan lancar tanpa lag dan force close.

Untuk itu hal yang bisa kita lakukan saat ini, untuk cara agar lancar bermain mobile legend di HP RAM 1 GB adalah dengan melakukan 3 langkah di atas. Walaupun tidak 100% berhasil, setidaknya cara di atas dapat meminimalisir masalah lag saat bermian mobile legends di Smartphone entry level dan low end dengan RAM 1 GB.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar