Skip to main content

3 jenis Ponsel Android Lag dan Cara Mengatasinya

Memperbaiki Ponsel android  hang, lag, blank dan macet memang harus di lakukan, ketika hal tersebut sudah sangat merasahkan. Karena masalah ini juga terjadi pada setiap Smartphone merek dan tipe apa saja, baik itu Samsung, Xiaomi, Lenovo, Sony, dll.   Dimana Smartphone android yang lag itu terjadi begitu saja, tanpa kita bisa melakukan hal apapun. Kecuali mematikan HP secara paksa dengan cara mencabut baterai. Sedangkan ponsel dengan tipe baterai tanam, maka hal yang perlu di lakukan ketika mengalami Ponsel hang, adalah dengan menekan tombol power sampai HP mati dengan sendirinya.

Cara Tepat Mengatasi Android Hang Atau Lag Dengan Mudah

Ada beberapa penyebab Smartphone android mengalami hang atau lag. Seperti sistem android yang erorr atau crash karena mengalami penumpukan data yang berlebihan dan data aplikasi yang tidak dapat di jalankan dengan baik oleh sistem android pada Ponsel yang Anda miliki. Oleh karena itu, hang sering terjadi pada HP android, terjadi ketika sedang bermain game atau menjalankan aplikasi. Untuk itu Tips Android Terkini kali ini akan memberikan cara tepat mengatasi android hang atau macet dengan mudah langsung pada pokok masalahnya.

3 Masalah Smartphone Android Hang Yang Sering di Alami Pengguna

Setiap pengguna android memiliki masalah ngehang yaang berbeda - beda. Seperti :
  1. Ponsel Android Ngehang ketika di hidupkan dan stuck di logo saja ( Bootloop ).
  2. Hp Android ngehang atau macet  ketika menjalan game atau aplikasi.
  3. Smartphone Blank ( Menapilkan Layar Putih tanpa Menu )  ketika di Cas atau tidak di pakai.
Itulah beberapa jenis atau masalah hang yang sering di alami oleh pengguna Smatphone Android.

Baca juga : Cara Mengatasi Game Mobile Legends Lag dan Force Close

Nah berikut saya uraikan beberapa langkah memperbaiki Ponsel android lag yang bisa kamu ikuti sesuai denga masalah yang kamu hadapi.

1. Mengatasi Android Hang Stuck di Logo atau Bootloop

Smartphone Android bootloop bisa terjadi secara tiba - tiba. Hal itu di karenakan adanya sistem yang crash atau erorr yang menyebabkan Os android tidak dapat berjalan dengan semestinya. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu bisa baca atikel kami sebelumnya di " cara mengatasi Android Bootloop "

2. Mengatasi Smartphone Android Macet

Masalah yang kedua ini merupakan jenis hang atau lag yang cukup ringan. Karena faktor terjadinya HP hang di karenakan oleh sebuah aplikasi atau game. Untuk cara mengatasinya kamu bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini.
  1. Masuk ke menu pengaturan dan pilih penyimpanan. tekan atau tap hapus canche bila ada menu tersebut. Bila tidak ada kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner. 
  2. Selanjutnya kembali ke menu pengaturan kemudian pilih aplikasi dan cari aplikasi yang bermasalah. Pilih dan lakukan clear atau hapus canche dan data. Kemudian copot aplikasi tersebut. 
  3. Install kembali dan coba jalankan.
  4. Bila masih mengalami hang. Hapus semua data pada ponsel dengan cara masuk ke pengaturan dan pilih Buat candangan & setel ulang pilih kembalian ke setelah pabrik. Namun sebelumnya kamu harus membackup data penting terlebih dahulu. 
  5. Coba install dan jalankan kembali aplikasi atau game yang membuat ponsel hang tersebut. 

3. Mengatasi Hp Android Hang Layar Blank 

Untuk yang ketiga ini adalah, jenis hang berat. yang mana kemungkinan besar kerusakan terjadi pada LCD smatphone kamu. 

Coba menelpon nomor SIM yang di gunakan di Smartphone anda - Cara ini di lakukan untuk memastikan sistem android masih berjalan atau tidak. Karena bila hasilnya ada suara atau getar tanda telpon masuk, masalah itu bisa kita simpulkan pada kerusakan layar saja. Akan tetapi bila sebaliknya, kerusakan ada pada hardware lain di smartphone anda. Untuk lebih lengkapnya kamu juga bisa membaca " Cara Mengatasi LCD HP Tiba Tiba Blank Putih " .


Baca juga : Cara jitu Mengatasi Android Lemot

Penyebab Android Hang

Nah, setelah masalah android lag/hang sudah di perbaiki. Kamu harus tahu penyebab android hang supaya hal ini tidak terjadi lagi, yang mana beberapa penyebab tersebut sudah di jelaskan di atas.
  • Banyak File Korup atau rusak
  • Menggunakan versi android lawas
  • Terlalu banyak file sampah atau canche.
  • Menggunakan aplikasi mod
  • Adanya Virus
  • Penggunaan yang tidak wajar
  • dll
Itulah beberapa penyebab yang perlu di antisipasi untuk mencegah android mengalami hang atau macet kemabali. Selebihnya gunakan Ponsel android Anda sesuai dengan spesfikasi atau kemampuan yang di milikinya.

Penutup 

Pastikan memori atau penyimpanan ponsel juga memiliki kapasitas bebas yang cukup bila perlu longgar. Dan mudah - mudahan langkah - langkah di atas sudah bisa mengatasi android hang yang sering terjadi di smarpthone android Anda.

Walapun ponsel android sangat canggih, tetap saja peforma yang dimilikinya akan menurun dengan seiring berkembangnya teknologi. Oleh karena itu setiap tahun android selalu memberikan pembaruan untuk penggunaan yang lebih baik kedepannya.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi android lag/hang yang bisa kami sampaikan. Dimana cara tersebut sudah terbukti ampuh dapat memperbaiki masalah android lag/hang oleh pengguna android, termasuk saya sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar