Skip to main content

Cara Jitu Agar HP Android Anda Tidak Lemot

HP android lemot itu bisa di ibaratkan seperti seorang yang berlari dengan bawaan berat. Dan untuk memepercepatnya kita harus mengurangi beban tersebut bukan ..? Berikut ini ada beberapa tips untuk mempercepat kinerja sitem android di HP Anda.

Supaya HP android Anda memiliki kinerja yang cepat dan maksimal, maka Anda harus tahu kapasitas dari spesifikasi yang di gunakan. Seperti penggunaan RAM, dan penyimpanan memori.

Untuk mengatasi HP android lemot, baik itu merek Samsung, Lenovo Xiaomi dan lainnya. Kamu harus pintar menggunakan berbagai layanan aplikasi yang digunakan agar sesuai dengan kapasitas dari kinerja ponsel Anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa penyebab HP android menjadi lemot.

                                         Cara Jitu Agar HP Android Anda Tidak Lemot

Peyebab HP Android Lemot

  • Kapasitas RAM hampir habis, begitu juga dengan penyimpanan internal dan Exsternal
  • Banyaknya file sampah ( cache )
  • Berjalannya banyak aplikasi dilatar belakang
  • Sistem android versi lama dan butuh upgreat
Nah, itulah beberapa penyebab android lemot umum yang perlu Anda perhatikan.

Langkah - Langkah Mengatasi HP Android Lemot

Setelah Anda mengetahui penyebab dari masalah ini, tentu sudah  terbayang dengan cara mengatasinya. Berikut berbapa langkah yang bisa kamu lakukan: 

1. Melonggarkan Kapasitas Memori RAM, Internal dan SD Card


Salah satu cara supaya HP android tidak lemot adalah dengan menyediakan memory yang besar dari 3 penyimpanan utama yaitu RAM, memori internal dan kartu SD. Untuk melonggarkan RAM kamu bisa melihat kapasitas yang tersedia pada menu Pengaturan - Aplikasi - Aplikasi yang berjalan. Dari menu ini kamu dapat melihat Kapasitas RAM yang terpakai dari aplikasi yang berjalan.

Paksa berhenti atau hapus semua aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk melonggarkan memori RAM pada HP android Anda agar tidak lemot.

Selain itu perikasi juga kapasitas memori Internal dan Kartu SD. Sediakan ruang yang cukup pada memori internal Smartphone Android Anda. Kamu bisa mangakalinya dengan memidahkan file dan aplikasi ke SD Card.

2. Hapus File Sampah ( Canche ) yang tidak berguna

File sampah ( canche ) ini tersimpan dalam folder tersembunyi. Sehingga banyak pengguna Smartphone android tidak mengetahui keberadaannya. Padahal file inilah yang meyebabkan memori penuh tanpa Anda sadari.

Untuk menghapusnya kamu bisa masuk ke PengaturanPenyimpanan kemudian cari opsi cache, tekan untuk menghapusnya.

3. Gunakan Aplikasi Greenfity


Aplikasi greenfity berfungsi untuk menghentikan penggunaan aplikasi android yang berjalan tanpa kita ketahui. Sehingga meminimalisir penggunaan kapasitas RAM. Kamu dapat mengunduh Aplikasi Greenfity di google play store secara gratis.

Baca Juga : Cara Tepat Menghemat Baterai Dan Memepercepat Kinerja Android

Demikianlah cara agar HP android tidak lemot  yang bisa kami sampaikan. Dimana, dari rangkuman informasi diatas, bisa kita simpulkan inti permasalahan tersebut adalah kapasitas penyimpanan RAM dan memori Internal tidak mencukupi pad smartphone android Anda, sehingga membuat kinerja ponsel menjadi lambat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar