Skip to main content

Tips Membuat Film dengan Smartphone

Tips Membuat Film dengan Smartphone - Perkembangan kamera smartphone sekarang ini ternyata tidak hanya menopang pengambilan gambar yang lebih baik, tetapi juga video. Bahkan tak jarang beberapa pabrikan menghadirkan kapabilitas/kualitas merekam video yang tidak kalah dengan kamera profesional . 

Kehadiran kamera smartphone bersama dengan mutu HD ternyata mendorong lebih dari satu orang untuk menggunakannya dalam kebutuhan khusus, diantaranya yaitu membuat film.
Dengan menggunakan ponsel, biaya proses pembuatan bisa lebih terjangkau. Dari proses pembuatan sampai tahap editing.  

Tips Membuat Film dengan Smartphone

Untuk sebab itulah kali ini tips android terkini akan memberikan cara membuat film dari kamera Smartphone yang bisa kamu ikuti berikut ini :

Baca Juga :
Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy J3
Inilah 5 Game HD Android Dengan Ukuran 100 MB
Cara Mudah Root Samsung Galaxy V Plus Tanpa Menggunakan PC

1. Gunakan Smartphone yang memiliki kualitas kamera bagus

Untuk merekam sebuah video  dengan hasil yang berkualitas baik tentu yang pertama kali diperhatikan adalah ponsel yang digunakan. Oleh sebab itu, diperlukan smartphone yang memiliki fitur kamera yang baik. yaitu yang memiliki kapabilitas merekam video HD. 

Semisal smartphone yang bisa digunakan adalah iPhone 6 atau iPhone 6 Plus, Samsung Galaxy S6 atau LG G4. Sebagai deskripsi Samsung Galaxy S6 dapat merekam video 1080p bersama 60fps atau video 2160p bersama 30fps.

2. Gunakan tambahan Aksesori Film

Layaknya membuat film menggunakan kamera profesional,pembuatan film dengan kamera smartphone perlu didukung oleh beberapa aksesori tambahan. seperti lensa, tripod, serta mikrofon.

Semuanya digunakan untuk membantu menghasikanl film yang lebih bagus dan bemutu video lebih baik. Beberapa saran untuk aksesori perekam suara, salah satunya iRig PRE. Aksesoris ini bermanfaat untuk menghubungkan mikrofon langsung ke smartphone kamu. Sehingga, kamu tidak kuatir akan hasil sinkronisasi dengan audio rekaman eksternal. 

3. Proses Edit Film Langsung dari Smartphone

Sesudah semua proses perekaman kelar, perihal terakhir adalah bagian mengedit video hasil perekaman. Dari kebanyakan proses video editing biasanya memakai software yang tersedia di PC atau laptop.

Tetapi, bagi Anda yang tidak ingin susah payah memindahkan video hasil perekaman ke laptop atau PC dapat segera mengeditnya lewat smartphone. Sebab waktu ini, telah banyak aplikasi video editing dengan fitur lengkap seperti software pada PC atau laptop.

Semisal, pengguna iOS dapat menggunakan bantuan aplikasi Pinnacle Studio dalam proses editing seperti penggabungan video, memberikan efek, dan juga memberikan soundtrack. Sementara itu pengguna Android bisa menggunakan aplikasi VidTrim Pro dengan fitur-fitur yang sama. VidTrim  dapat di download secara gratis, sehingga meringankan kamu untuk mencoba aplikasi ini terlebih dahulu. 

4. Teruslah Mencoba dan Berlatih Membuat Film di Smartphone

Meskipun terdengar klise, arti practice makes perfect termasuk pula berlaku untuk membuat film dengan menggunakan kamera smartphone. Karenanya,sangat tidak mungkin untuk jadi seorang ahli jika hanya melakukan satu kali percobaan. Oleh sebab itu, Untuk kamu yang tertarik membuat film menggunakan smartphone kudu terus berlatih maupun mencoba dan membiasakan diri.

Salah satu panduan mutlak dalam membuat film dengan smartphone adalah sesuaikan cerita dengan perlengkapan dan peralatan. Diawali dengan menulis storyboard singkat dan daftar pra adegan yang kudu dilakukan serta elemen pendukung yang harus di adakan.

Demikianlah tips membuat film dengan smartphone yang dapat saya sampaikan.. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar