Skip to main content

Ini Dia, 5 Cara Membuka Kunci Layar HP android yang lupa Password

Bagaimana cara membuka Kunci layar HP Android ketika Lupa password dan Pola..? itu mungkin pertanyaan yang sudah berada dalam pikiran Anda ketika smartphone android tidak dapat di akses karena lupa dengan password atau pola yang di gunakan pada fitur lock screen.

Ada beberapa cara mengatasi lupa password dan pola pada fitur lock screen Hp android yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah dengan mereset password itu sendiri. Dengan cara memilih opsi lupa sandi yang sudah di sediakan oleh sistem android.

Pada opsi ini Anda akan di suruh memasukan alamat email yang sudah terhubung dengan ponsel android anda. Kemudian Anda bisa mereset password tersebut dari email masuk yang bisa anda buka di Ponsel lain atau PC.

Namun apa yang terjadi bila Anda juga lupa kata sandi akun google yang terhubung pada HP android Anda..?

Tentunya hal itu membuat anda semakin bingung. Untuk itu kali ini tips android terkini ingin memberikan 5 cara membuka Layar Kunci HP android yang lupa password dan pola, untuk anda gunakan dalam mengatasi masalah ini tanpa hardreset, sehingga data Anda masih aman.

Cara Membuka Kunci Layar HP android yang lupa Password dan Pola

1. Memakai Android Device Manager


Cara membuka ponsel android yang lupa sandi dan pola ini dapat di lakukan bila kamu masih ingat dengan email yang terhubung dengan ponsel android Anda dan juga data internet yang masih dalam keadaan aktif. Barulah kamu bisa melakukan cara ini dengan menggunakan smartphone lain maupun komputer untuk mengkses Android Device Manager.

Caranya :

Masuk ke browser dan halaman android device manager kemudian login menggunakan email yang terdpat pada ponsel android yang terkunci. Nah, Dalam halaman tersebut ada tiga pilihan antara lain Deringkan, Kunci, atau Hapus. Tentunya dari opsi tersebut kamu harus memilih Lock atau kunci

Dari menu kunci tersebutlah kamu bisa merubah sandi maupun pola yang lupa dengan mengikuti cara yang sudah di sediakan. Kemudian tunggulah 5 menit atau lebih kemudian kamu bisa membuka sandi baru pada ponsel yang terkunci.

2. Gunakan Samsung Find My Mobile


Metode atau cara yang kedua ini di khususkan untuk pengguna smartphone android Samsung. Dimana kamu juga sudah memiliki akun samsung yang sudah terhubung di smartphone tersebut untuk mengatasi lupa sandi dan pola pada kunci layar ponsel Anda.

Caranya :

Masuk ke fitur FIND MY MOBILE yang di sediakan Samsung kemudian kamu login ke akun yang kamu miliki, dari halaman ini kamu bisa pilih Lock my screen di panel yang berada di sebelah kiri. Nah, dari halaman inilah kamu bisa melakukan perubahan sandi maupun pola yang baru dengan cara yang sudah di sediakan.

3. Gunakan Fitur Forgot pattern


Bila ponsel kamu masih mengunakan sistem Android 4.4 KitKat atau lebih rendah dari itu, kamu dapat memakai fitur Forgot pattern. Fitur ini bisanya akan muncul setelah 5 kali mencoba menggunakan sandi yang salah dan akan muncul pemberithuan "Coba lagi dalam 30 detik". Nah, pada saat inilah opsi Fotgot Pattern akan muncul di bagian bawah. 

Dari menu ini ada 2 opsi pilihan yaitu masukan email dan pertanyaan keamanan untuk mereset password yang kamu gunakan sebagai kunci layar ponsel android kamu

4. Gunakan Aplikasi ADB PC untuk Menghapus Password


Cara ini bisa di lakukan bila kamu sudah melakukan pengaturan USB debugging untuk menghubungkan ponsel ke PC. Bagi kamu yang sudah pernah melakukan root dengan menggunakan PC tentu sudah tidak asing dengan kata ini.

Caranya :

Hubungkan Ponsel Ke PC dengan menggunakan kabel Data atau USB, Setelah itu bukalah jendela command prompt pada direktori instalasi ADB di PC. Pada opsi ini kamu ketikan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key dan tekan enter di keybord.

Berikutnya lakukan reboot pada ponsel android kamu, maka opsi masukan sandi sudah tidak ada lagi dan cepatlah mematikan fitur keamanan.menggunakan sandi atau pola, karena hal ini hanya bersifat sementara.

Baca Juga : Tutorial Cara Download Android Debug Bridge ( ADB ) dan Fastboot Driver

5. Factory Data Reset

Apa bila cara diatas belum bisa Anda gunakan, maka langkah terakhir adalah dengan menggunakan reset fatory data untuk mengatasi lupa password pada layar kunci HP android.

Caranya : 
  1. Matikan HP android Anda terlebih dahulu.
  2. Kemudian nyalakan kembali dengan cara menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan, sampai keluar logo kamu lepaskan tombol power saja sedangakan pada volume atas terus di tekan.
  3. Pilih Factory reset data dengan menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan klik menggunkan tombol power
  4. Tunggu beberapa saat sampai prosess selesai
  5. Terakhir pilih reboot system now

Nah itulah beberapa cara membuka layar kunci HP android yang lupa password dan pola untuk Anda gunakan dalam mengatasi masalah ini. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar