Skip to main content

Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Tips Android Terkini - Ponsel android terasa Panas saat di gunakan bisa di akibatkan oleh banyak hal. Seperti Bermain game saat di cas dan mengantongi ponsel pada saku jelana jeans yang ketat dan lain sebagainya. Smartphone cepat panas ini merupakan perilaku normal, dan sesuatu yang terjadi nyaris disetiap merek ponsel, baik dari  system operasi Android, Iphone maupun windows. Panas ini berasal dari baterai dan mesin yang di gunakan secara terus menerus untuk menjalankan berbagai aplikasi dari sistem android. 


Namun perlu Anda ingat ketika, Hp android terus mengalami panas maka bisa mengakibatkan ponsel meledak tanpa Anda sadari. Seperti yang dulu pernah terjadi pada merek Smertphone yaitu Samsung dan Iphone yang mengakibatkan seorang teluka karena ponsel yang di gunakannya meledak akibat kebocoran baterai.

Untuk mengatasi Android cepat panas kamu bisa memperhatikan dulu penyebabnya, supaya langkah mengatasi android panas bisa di lakukan dengan tepat.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas
Android Cepat Panas

Penyebab Android Cepat Panas


Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, Penyebab android cepat panas bisa di akibatkan oleh beberapa hal. Diatanranya adalah :


  1. Menggunakan Ponsel secara terus menerus
  2. Menggunakan Ponsel sambil di Cas
  3. Aplikasi terus berjalan saat ponsel tidak di gunakan
  4. Baterai sudah tidak bagus
  5. Melatekan ponsel dekat dengan barang elektronik lain
  6. Meletakan Ponsel dalam saku jeans yang ketat

Nah..itulah beberapa penyebab android cepat panas yang harus kamu waspadai. Dan berikut Cara mengatai Android cepat yang panas yang bisa kamu ikuti.

Cara Mengatasi Android Cepat Panas 


Setelah anda mengetahui mengapa android cepat panas tentu sudah bisa membayangakan bagaimana cara mendinginkannya. Nah, berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu ikuti dalam cara mendinginkan android yang panas.

1.  Gunakan Ponsel Sewajarnya


Kita sering kali lupa waktu bila sudah asyik menggunakan ponsel. Padahal seperti halnya manusia, bila smartphone sering di gunakan tanpa henti, maka bisa mengakibatkan penurunan kinerja sistem dan hardware pada smartphone, sehingga mengakibatkan Ponsel Android cepat panas.

Berilah waktu istirahat pada posnel yang Anda gunakan untuk menghidari hal tersebut. Karena bila tersu di lakukan bisa jadi akan ada banyak kerusakan pada smartphone android anda selain mengalami suhu panas yang begitu cepat.


2. Hindari Meletakan Ponsel Dekat Barang Elektronik Lain


Hindari untuk tidak meletakan Ponsel android kamu dekat dengan barang elektronik lain, seperti TV, Kulkas, Radio dan lainnya. Karena dari barang - barang tersebut akan mengakibatkan daya tarik magnet yang dapat menyebabkan komponen android Anda mengalami daya tarik sehingga membuat kinerjanya menjadi tak menentu. Bukan hanya itu saja dari daya tarik magnet tersebut kompen android anda akan menjadi panas dan menyebabkan kerusakan.

3. Jangan Menggunakan Ponsel Sambil di Charger


Peyebab lain dari ponsel android cepat panas adalah menggunakannya sambil di cas. Ketika baterai menerima daya dan mensuplai daya pada setiap kompenen ponsel secara bersamaan, maka bisa mengakibatkan baterai menjadi panas dan berumur pendek.

Oleh karena itu supaya HP Android Anda tidak cepat panas dan baterai menjadi boros, jangan menggunakan ponsel sambil di Charger.

4. Nonaktifkan aplikasi Dan Data Seluler Saat Tak di Gunakan


Mencoba tutup semua aplikasi dengan baik, baik lewat task manager maupun aplikasi pihak ketiga. Selain itu itu, matikan juga koneksi yang tidak diperlukan seperti misalnya bluetooth, wi-fi, GPS, infrared, dan koneksi lainnya. Selain itu bila agan berada pada lokasi dengan jaringan seluler yang buruk, lebih baik agan nonaktifkan saja atau menggunakan mode pesawat. Ini karena sinyal yang lemah akan memaksa daya baterai untuk kinerja mesin menemukan sinyal tersebut. 

Satu hal yang pasti juga merupakan jangan sampai gunakan lampu led sebagai senter dalam kurun waktu yang lama, akan cepat menguras daya baterai dan tentunya membuat panas HP tersebut karena kinerja yang berlebihan..

Aplikasi untuk menghemat baterai seperti Juice Defender pada android juga bisa di pertimbangkan untuk membantu masalah ini, atau dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di iPhone. Intinya, agan harus melakukan semua langkah yang membuat performa baterai lebih ekonomis.

5. Periksa Aplikasi yang ter-instal


Terkadang kita tak sadar akan aplikasi yang berjalan dengan sendirinya. Aplikasi seperti pembersih dan sosial sering kali membuat kinjera Sistem terus berjalan dan mengakibatkan panas. Saya sendiri juga tidak menggunakan aplikasi seperti itu. karena saya aplikasi pembersih itu cuman bohongan dan tidak membantu sama sekali dalam mengurangi file sampah. Justru malah menambah file sampah.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di smartphhone Android

6. Jangan sampai "bekap" hp agan


Meletakan ponsel dalam saku celana ketat adalah sebuah kesalahan yang serius. Selain menyebabkan Hp android cepat panas, Meletakan ponsel dalam saku yang ketat juga dapat merusak bodi ponsel akibat gesekan kain celana yang kasar.

7. Jangan overclock ponsel


Overclocking hp merupakan salah satu metode untuk tingkatkan kecepatan smartphone lebih dari keadaan standar, tapi itulah akan menggunakan lebih sejumlah besar daya baterai dan panas pasti akan lebih cepat. Hanya dengan menggunakannya SetCPU untuk underclock handphone jika sobat mengalami permasalahan panas yang konstan.

Kesimpulan 

Dari peyebab dan cara mengatasi HP android cepat panas di atas kita dapat menyimpulkan. Perawatan pada Ponsel Android yang kita miliki sangatlah penting untuk di perhatikan, untuk menjaga peforma dan umur ponsel yang nantinya. Jangan menyepelekan hal - hal kecil seperti meletakan ponsel dalam saku celanan ketat yang juga menyebabkan Hp android menjadi cepat panas.

Rawatlah baik - baik apapun yang kita miliki termasuk Ponsel android. Karena Orang yang bagus bisa di lihat dari cara merawat barang miliknya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar