Skip to main content

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di smartphhone Android

Tips Android Terkini - Apakah kamu pernah mengalami tidak bisa install atau pasang aplikasi di smartphone android ? Yap, beberapa pengguna pernah mengalami hal tersebut dan membuat mereka menjadi kebingunangan dengan masalah ini. Utuk itulah kali ini saya akan memberikan cara mudah mengatasi masalah tersebut.

Masalah tidak bisa install aplikasi di android biasanya titandai dengan pemberitahuan "out of space”, application cannot be installed in the default installation location”, "insufficient storage available" dan “not enough space on device”, Dari beberapa pemberitahuan terebut seharunya Anda sudah dapat memahami peyebab tidak bisa mengisntall/memasang aplikasi dari google play store.

Dari pemberitahuan tersebut kita dapat mengambil tindakan, supaya ponsel android dapat memasang aplikasi lagi di goole play store maupun pihak toko aplikasi lainnya. Berikut cara mengatasi tidak bisa  install aplikasi di smartphone android dari google playstore.

CARA Mengatasi Gagal  Install atau Pasang Aplikasi Di Smartphone ANDROID

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di smartphhone Android

1. Berikan Ruang Memori Yang Cukup

Salah satu penyebab aplikasi tidak bisa di install di smartphone android adalah kekurangan memori penyimpanan. Untuk mengatasinya kamu bisa menghapus beberapa file yang tidak penting untuk memberikan ruang peyimpanan yang lebih besar agar aplikasi yang akan kamu unduh dapat terpasang dengan baik.

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Menanggapi Atau Merespon


2. Aktifkan Pemasangan Aplikasi dari pihak ketiga

Ketika Anda menguduh aplikasi selain dari google play store, maka dapat di pastikan kamu tidak akan bisa mememasang aplikasi tersebut sebelum mengaktifkan pengaturan kemanan pada aplikasi pihak ketiga.

Caranya :

Masuk ke “Setting > Security” Pilih “Unknow Sources” atau pengaturan - keamanan - pasang aplikasi tidak ke tahui. Barulah setelah itu kamu bisa install aplikasi atau game dari pihak selain play store.

3. Lakukan Clear Data pada Aplikasi Google Play Store

Apabila kamu sudah memastikan ruang penyimapanan sudah cukup mengisntall aplikasi pada google play store namun tetep mengalami erorr. Kemungkinana besar masalah ini ada pada aplikasi google play store itu sendiri. Untuk mengatasinya kamu melakukan clear data dan chace pada aplikasi google play store, yang bisa kamu lakukan dengan cara masuk ke pengaturan - aplikasi - pilih google play store dan hapus data dan chace dengan menekan opsi tersebut. Cobalah kembali mengisntall aplikasi yang kamu inginkan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi Android Sering Keluar Sendiri

4. Pastikan aplikasi Sesuai atau Kompatible dengan perangkat

Sebelum mengistall aplikasi di ponsel android kamu, pastikan terlebih dahulu aplikasi tersebut sesuai dengan perangakat ponsel yang Anda miliki. Karena bila Anda tetap memaksa memasang aplikasi yang tidak kompatible dengan smartphone android Anda. Maka bisa di pastikan aplikasi yang Anda unduh tidak akan bisa di pasang.

5.  Melakukan Factory Reset

Jika semua cara di atas masih belum bisa mengatasi tidak bisa install aplikasi di google play store. Maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan factory reset data. Cara ini ponsel android kamu akan kembali ke mode awal seperti baru pertama kali membeli HP. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan lagi mengintall aplakasi.

Itulah beberapa tips mudah mengatasi tidak bisa install aplikasi di smartphone android. Silahkan di coba langkah - langkah tersebut dan jangan sungkan untuk bertanya, bila Anda masih mengalami tidak bisa install aplikasi di android.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar