Skip to main content

Begini Cara Memperbaiki Hp Android Tidak Bisa di Cas

Bagaimana memperbaiki Ponsel Android yang tidak bisa di cas..? Pertanyaan ini muncul ketika Gadget tiba - tiba saja tidak dapat melakukan pengisian daya baterai,sehingga pengguna tidak dapat menggunakan fungsi ponselnya lagi seperti semula, karena tidak ada daya baterai yang terisi ketika di cas.

Ada beberapa penyebab mengapa HP Android tidak dapat melakukan pengisian daya baterai atau cas, seperti Jenis charge tidak cocok, baterai sudah rusak, dan port charger yang rusak. Diamana masalah ini sering kali di alami pengguna Smartphone baik itu berbasis Android, Ios, Windows, Java dan lainnya yang sudah menjadi problem umum para penggunanya.

Mengatsi HP android yang tidak dapat melakuan pengisian daya atau di cas bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan. Namun sebelumnya, kamu harus memastikan terlebih dahulu apa saja penyebab baterai tidak bisa di cas sebelum menyerahkannya pada ke tempat service Hp untuk mengganti port charger baru agar bisa di cas kembali.

Begini Cara Memperbaiki Hp Android Tidak Bisa di Cas

Penyebab Hp Android Tidak Bisa Dicharge


1. Diakibatkan dari software atau aplikasi


Ada beberapa aplikasi android yang banyak memakan sumber daya batere, jika aplikasi pada umumnya memakaan sumber daya batere yang dikit/standar, tapi tidak dengan beberapa aplikasi sosial media seperti facebook, whatsapp, BBM dan game onlione yang cenderung memakan beban lebih pada daya baterai android, dan mengakibatkan umur baterai tidak lama sehingga mengakibatkan kerusakan seperti baterai menggelembung dan tidak bisa di cas.

Solusinya:

  • Hindari terlalu banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang, usahakan selalu mengeluarkan aplikasi beserta mengeluarkannya dari latar belakang

2. Diakibatkan dari Hardware yang tidak berkualitas


Beberapa hardware yang mengakibatkan hp android kamu tidak bisa dicas antarai lain seperti kabel yang sudah rusak, kepala charger yang tidak berkualitas. atau menggunakan power bank bajakan.

Solusinya: 
  • Gunakan selalu kabel, kepala charger yang berkualitas. usahakan yang original
  • Gunakan powerbank yang berkualitas dan original

Cara memperbaiki Hp Android Tidak Bisa Dicharge

Sebelum melakukan service port charger Smartphone android Anda, ada langkah - langkah yang perlu perhatikan untk memutuskan mengganti port charger yang baru. Berikut langkah - langkah memperbaiki HP android tidak bisa di Cas.

Baca Juga : Tips Sebelum membeli HP Bekas Supaya Tidak Ketipu

1. Cek Kondisi Kabel Charge


Ada dua komponen pertama yang kamu harus periksa sebelum mengecek ke hpnya, yaitu kabel dan adapter casan. Kabel casan adalah hal yang paling sering membuat hp tidak bisa dicas, penggunaan kabel yang tidak benar, sering ke tekuk ataupun tertarik dapat membuat kabel rusak...

Cara mengatasinya:

Gunakan kabel charger yang lain, dan lihat apakah berhasil mengecas atau tidak.

2. Cek Adapter Charger



Komponen lain setelah kabel adalah adaptor charger. Adakalanya kamu memakai adaptor yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp kamu, misal hp kamu support fast charging 2A tapi kamu memakai adaptor Charger yang 750mA..

coba gunakan adaptor charger yang lain, dan lihat apakah berhasil mengecas...

Jika Hp kamu support fast charging, gunakan adaptor charger 2A


3. Cek Port Charger HP Kamu


Setelah kabel dan adaptor telah dicek dan tidak ada masalah, saatnya untuk mengecek bagian port usb di Hp yang merupakan jalur utama dalam pengisian daya. Bagian konektor (logam kecil di dalam port USB), mungkin ada bagian yang sedikit bengkok atau patah. sehingga tidak terkoneksi baik dengan kabel, di beberapa kasus juga port bagian dalam usb tersangkut oleh kotoran entah itu bekas makanan atau debu dalam kantong..

Cara mengatasinya:

jika benar ada pin yang bengkok di port dalam usb, matikan hp kamu dan keluarkan baterai. Kemudian ambil pin atau sesuatu yang serupa dalam ukuran dan meluruskan tab kecil di dalam port USB Hp kamu. Pastikan jangan terlalu kasar saat proses ini

jika terdapat debu atau sisa makan yang mengganjal di dalam  port usb, bersihkan mengguanakan cucuk gigi secara pelan-pelan.

Langkah terkahir adalah dengan langsung mengganti port charger yang baru untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa membawanya ke tempat service HP terdekat bila tidak bisa melakukannya sendiri. Untuk harga service port cherger sekitar Rp.25.0000 di daerah saya Tegal.

Demikianlah informasi tentang cara memperbaiki Hp android tidak bisa di cas yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang informasikan dapat mebantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar