Skip to main content

Cara Paling Tepat Memperbaiki Layar Touchscreen di Android

Cara Paling Tepat Memperbaiki Layar Touchscreen di Android - Ponsel dengan sistem layar sentuh memang sangat menyenangkan, pengguna bisa lebih mudah dalam mengoperasikan sistem ponsel cukup dengan meyentuh icon pada layar hp dengan jari - jari tangan. 

Tapi apa yang terjadi bila Layar touchscreen mengalami kerusakan? jawabannya sudah jelas pasti tidak bisa digunakan. 

Oleh sebab itulah kali ini Saya akan membagikan tips dan cara memperbaiki layar sentuh ( touchscreen ) pada ponsel android. 

Ada banyak jenis layar yang digunakan ponsel dan smartphone saat ini, diantaranya CSTN, TFT atau OLED. dan sekarang ini kebanyakan ponsel menggunakan teknologi TFT yang lebih kaya akan fitur warna. Selain itu ada juga layar sentuh ( touchscreen ) yang menggunakan kapasitas dan resistif ( sensitifitas terhadap sentuhan ) berbasis teknologi TFT.

Cara Paling Tepat Memperbaiki Layar Touchscreen di Android

Untuk tipe android dengan ponsel touchscren terkini, jalur semua sistem yang digunakan pengguna terpusat pada layar sentuh. Dengan demikian kerusakan banyak terjadi pada layar sentuh ( Touchscreen ) karena penggunaan yang kurang baik, seperti :layar hp kurang sensitif, sebagian layar toucscreen tidak bisa di gunakan, Pecah dan lain sebagainya. 

Masalah tersebut tentu sangat mengganggu dan bisa menjadi beban yang kurang diinginkan oleh penggunanya. Karena harus mengeluarkan sedikit uang untuk service kerusakan tersebut. Namun Apabila Anda ingin melakukan perbaikan  sendiri  bisa dengan mengikuti cara di bawah ini :

Baca Juga :

Menggunakan Menu Recovery Mode

Biasanya kerusakan dengan cara ini disebebkan oleh penginstallan aplikasi. Dimana setelah pengguna menginstall sebuah aplikasi kerusakan tersebut baru terjadi. Untuk itu Anda bisa melakukan cara dibawah ini :
1. Matikan Hp Anda dan hidupkan kembali dengan menekan tombol Volume UP+Home +Power. 
2. Kemudian pilih Wipe data atau Factory Reset. 
3. Selanjutnya reboot system now. 
Bila cara ini tidak berhasil, bisa lanjut dengan cara kedua yaitu : 

Mengganti kabel bagian atas yang tersambung dengan LCD


Cara Paling Tepat Memperbaiki Layar Touchscreen di Android
Gambar bersumber dari lpkyudabhakti.wordpress.com


Apabila cara diatas tidak berhasil, kemungkinan ada bagian dari mesin layar yang rusak. Dimana kerusakan tersebut terjadi pada sambungan antara LCD dan mesin. Untuk itu Anda bisa melakukan cara berikut ini :

1. Lepaskan mesin dari cassingnya. Setelah terbuka dan papan PCB dari mesin juga sudah terlepas Kamu akan melihat 2 lapisan penghubung dari LCD, dimana lapisan paling atas itu adalah bagian touchscreen yang berfungsi bila disentuh dan dianamakan touchscreen wire, dan bagian bawah adalah kabel flexible LCD.
2.  lepaskan bagian paling atas tersebut dengan melebur solderan yang menyambungkan.
3. Ganti bagian tersebut dengan yang baru

Untuk membeli penghubung yang rusak dengan tepat Anda bisa membawa layar LCD ke toko penjualnya untuk memastikan kecocokan dari layar sentuh ponsel Anda. 

4. Setelah membeli yang baru dan memasangnya cobalah terlebih dahulu sebelum menutup dengan cassing.
5. Jika sudah berhasil baru Anda bisa memasang cassingnya kembali dan melakukan kalibrasi ulang dengan masuk ke pengaturan, pilih layar dan kalibrasi. Dengan demikian pengoptimalan layar touchscreen baru bisa lebih sempurna dan memiliki hasil yang sama seperti baru.

Jika Layar Pecah

Kerusakan ini terjadi pada layar, sehingga penyebabnya adalah layar itu sendiri. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti layar touchscreen dengan yang baru

Itulah Beberapa kerusakan dan cara memperbaiki ( service ) layar tounchacreen yang rusak. Semoga dapat membantu Anda dan bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar