Skip to main content

2 Cara Mudah Memindahkan Kontak Android Ke iPhone

Tips Android Terkini - Apakah Anda baru saja mengganti ponsel android Anda dengan  iPhone..? Jika iya, tentunya Anda akan mencari bagaimana memidah data file khusunya kontak dari smartphone android ke Iphone terbaru Anda.

2 Cara Mudah Memindahkan Kontak Android Ke iPhone

Untuk itu kali ini kami ingin berbagi 2 cara memidahkan kontak android ke iphone dengan mudah. Dimana dalam tutorial ini kita akan memanfaat fitur Google Contact. Karena fungsinya yang secara otomatis mensingkron dan menyimpan data kontak Smartphone Android Anda sebelumnya ke dalam akun google yang anda gunakan.

Berikut 2 cara memindahkan kontak android ke iPhone yang bisa kamu ikuti tutorialnya di bawah ini:

1. Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone dengan Login ke Akun Google Anda


Cara pertama untuk memindahkan kontak Android ke iPhone adalah dengan memasukkan akun Google kamu ke iPhone. Kamu Cukup buka menu Settings > Contacts > Accounts > Add Account > pilih Google > masukkan username dan password akun Gmail kamu.

Setelah itu pastikan kamu mengaktifkan sinkronisasi kontak dengan memastikan toogle Contacts On (menyala hijau).

Tunggu beberapa saat sampai file kontak Android kamu tampil di iPhone.

Cara yang pertama ini memang sangat mudah untuk anda lakukan dalam memindahkan kontak pada Smartphone Android ke iPhone.

Tetapi  sebenarnya cara ini tidak benar-benar memindahkan semua kontak dari Android ke iPhone. Dan Setiap kontak baru yang kamu simpan di iPhone, akan masuk ke iCloud. Jadi, kontak pada iPhone kamu akan terbagi menjadi dua, satu di Google Contact, dan satu lagi di iCloud.

2. Memindahkan Kontak Android ke iPhone Melalui Import iCloud


Cara yang kedua adalah dengan export Google contacts kemudian langsung diimport ke iCloud contacts. Sehingga file tidak terpecah seperti pada cara sebelumnya.

Caranya  buka browser di Mac / PC kamu, dan login ke  http://google.com/contacts.

Kemudian di bagian menu, klik More > Export > pada popup Export contacts, pilih All contacts dan untuk export format pilih vCard format.

File akan berformat contacts.vcf yang berisi seluruh data kontak kamu akan terunduh.

Setelah itu buka dan login ke iCloud Contacts https://www.icloud.com/#contacts. Klik icon Settings yang berada di pojok kiri bawah > Import vCard

Setelah itu browse/unggah file contacs.vcf yang sudah kamu download tadi, klik Choose.

Maka secara otomatis seluruh kontak kamu akan langsung tersimpan di iCloud Contacts, dan tersinkronisasi ke iPhone, iPad, Mac, serta semua perangkat Apple milikmu setelah mengunggah file tersebut.

Pada cara yang kedua ini, file kontak akan otomatis tersinkronisasi setiap kali reset / restore iPhone, sesaat setelah login ke Apple ID. Selain itu, semua kontak juga sudah tersimpan dalam satu tempat, yaitu iCloud. Yang juga bisa kamu gunakan lagi ketika mengganti iPhone baru.

Cara ini paling cocok digunakan untuk migrasi kontak dari Android ke iPhone secara total. Selain itu cara ini juga cocok jika kamu memilili beberapa perangkat Apple lain seperti Mac dan iPad misalnya.

Nah, itulah 2 cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone yang bisa kamu ikuti salah satunya, baik melalui sinkronisasi Google Contact ataupun langsung import kontak ke iCloud. Silakan pilih cara manapun yang paling memenuhi kebutuhan kamu dan sesuai dengan skenario kamu saat ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar