Skip to main content

Cara Menggunakan Proxy Di Android

Cara Menggunakan Proxy Di Android - Sebelum membahas langkah menggunakan proxy di Android saya akan menjelaskan tentang apa itu proxy…….? untuk yang udah lama terjun ke dunia internet apalagi buat seseorang yang sudah bekerja di komputer server istilah proxy tentu udah melekat di kepala, namun untuk yang masih baru mengenal internet tentu masih kebingungan tentang apa itu proxy….?

Pengertian Proxy Server

Kalau di ibaratkan dalam kehidupan sehari hari penggunaan proxy server itu seperti anda memerintah saudara anda untuk membeli rokok di warung. Tentu warung  tersebut tidak mengetahui jikalau yang membeli rokok adalah kamu. mungkin seperti itulah perumpamaan nya.

Jadi Proxy server merupakan suatu server yang menyediakan fasilitas untuk meneruskan tiap tiap permintaan yang kita inginkan pada saat melakukan browsing kepada server lain di internet.

Gambaran Cara Kerja Proxy Server Android

Dengan mengfungsikan proxy, maka topologi jaringan kamu akan berubah. Segala paket data dari pc kamu tidak segera menuju server yang diinginkan, tetapi menuju server proxy dahulu.

Seperti inilah kira kira gambarannya :

  • Kamu —> perangkat yang kamu pakai berselancar di internet
  • Adik kamu —> Proxy server
  • Warung —-> Situs internet kamu tuju. 

Dengan kata lain Proxy server adalah sebagai perantara, Dengan memakai proxy server anda mampu membuka situs situs yang tidak dapat di akses dari Indonesia gara-gara di block olek kominfo atau ISP. Tips android terkini Home

Dengan memakai proxy kamu juga mampu menghindari masalah blokir dan berselancar secara bebas. Ada 2 langkah untuk pakai proxy di sistem Android yakni lewat pengaturan dan bantuan aplikasi seperti proxydroid.

Cara Mudah Menggunakan Proxy di Android


1. Lewat menu pengaturan

Cara ini sangat mudah kamu gunakan dan dapat mengganti proxy tanpa harus akses root, namun masih memiliki kelemahan yaitu hanya terbatas terhadap koneksi wi-fi saja dan tidak dapat di gunakan jikalau kamu memakai paket data internet. Cara nya :

Buka menu pengaturan pilih Wireless & Networks klik Wi-Fi.Pada menu ini kamu akan melihat jaringan wifi yang tersedia. Pilih wifi yang akan di sambung kan dan tahan beberapa detik pada jaringan wi-fi tersebut untuk menggunakan layanan proxy. Maka akan tampil pop up dan tap modify network. Pada opsi ini ceklis kolom Advanced options dan ubah parameter proxy ke manual.

Pada opsi ini isi IP addres proxy dan portnya, nah untuk kolom Bypass proxy for tidak usah di isi atau di kosongkan saja, karena opsi ini untuk memberikan pengecualian situs yang tidak ingin menggunakan proxy saat di kunjungi. Setelah itu Tap save.

2. Memakai aplikasi proxy droid

Cara yang ke dua ini sangat berguna karena dapat di fungsikan ketika terkoneksi via Wi-Fi maupun data internet seluler, namun untuk menggunakan aplikasi proxydroid membutuhkan hak akses root. Jadi sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan HP android kamu sudah di root.

Cara penggunaan aplikasi proxy droid :
  • yang pertama ponsel kamu telah didalam konsisi ter root. Selanjutnya Instal app proxydroid download dari ( google play store ) 
  • Buka app proxydroid 
  • Masukan IP proxy dan port proxy 
  • Caranya hampir serupa dengan langkah di atas,
  • Klik aktifkan untuk menggunakan proxy
Beranda Tips android terkini

Setelah mengaktifkan Proxy Server di Android

Sekarang Anda dapat ber internet ria tanpa takut terkena blokir. Tapi perlu di catat ada beberapa proxy yang tidak mendukung untuk sebagian aplikasi, ada baiknya tidak usah memanfaatkan proxy untuk membuka situs situs peka seperti Internet banking dan paypal.

Demikianlah cara menggunakan proxy di android dalam menggunakan fitur internet untuk memudahkan kita mengunjungi situs situs yang di batasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar