Skip to main content

Cara Mudah Kalibrasi Layar Android Agar Bekerja Lebih Baik

Cara Mudah Kalibrasi Layar Android Agar Bekerja Lebih Baik – Sebelum melakakukan pengaturan ulang kalibrasi layar android, ada baiknya kita menganalisa terlebih dahulu bagian mana yang mengalami masalah. Dan salah satu cara dalam mengetahui hal tersebut adalah menggunakan bantuan aplikasi Simple Touch Tester. Aplikasi ini mampu menganalisa permasalahan pada kalibrasi layar smartphone android Anda apabila mengalami masalah atau erorr.

Cara kedua ialah menggunakan kode rahasia. Kode ini umumnya berbeda pada dari setiap produk smartphone, karena setiap smartphone memiliki kode rahasianya sendiri. Misalnya, Pada Vendor Samsung untuk melakukan uji layar LCD, maka kode yang Anda  pakai adalah *#0*#. setelah itu akan tampil beberapa opsi menu yang salah satunya adalah tombol untuk Sensor dan Touch..

Terus bagaimana dengan cara uji kalibrasi vndor smartphone lainnya seperti Advan, Asus Zenfone, Xiaomi, Oppo, Smartfren Andromax, Oppo, Sony Xperia dan lain sebagainya? jawabannya adalah kamu harus menemukan kode-kode rahasia dari setiap produk smartphone yang kamu gunakan.

Untuk itulah kali ini tips android terkini akan memberikan cara mudah melakukan kalibrasi layar android yang bisa kamu terapkan. Cara ini bisanya di gunakan dalam mengatasi layar sentuh ponsel android yang memiliki respon kurang bagus maupun sangat cepat merespon sehinnga kurang nyaman dalam menggunakan semua fitur dalam smartphone android. Berikut cara yang bsia kamu ikuti :
  • Pergi ke opsi pengaturan
  • Masuk ke menu display settings.
  • Atur ulanglah kalibrasi pada opsi ini. Agar lebih mudah, jangan gunakan fitur Auto Rotation.
  • Jika pengaturan kalibrasi smartphone android kamu tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan di opsi ini. Maka kamu bisa gunakan bantuan aplikasi SwiftKey Keyboard. 
  • Dalam fitur aplikasi ini memiliki sistem pengaturan yang bernama Touch Input, dengan fitur ini kamu  dapat melakukan atur ulang kalibrasi ponsel Android kamu.
Selain itu ada juga aplikasi sederhana dari Play Store bernama “Kalibrasi Layar Sentuh”. Aplikasi ini mudah sekali untuk digunakan, hanya dengan satu kali klik dalam melaukakan kalibrasi. Maka akan muncul nilai dan akurasi kalibrasi layar android anda. Namun aplikasi ini perlu hak ases penuh atau root untuk menjalankan fungsinya. Jadi pastikan smartphone android kamu sudah dalam keadaan root sebelum menggunakan aplikasi ini.

Apabila cara cara tersebut masih belum berhasil mengatasi masalah pada layar sentuh smartphone Android kamu. Maka cara paling jitu lainnya adalah dengan melakukan factory reset. Dimana cara ini dapat bekerja melakukan pengembalian semua pengaturan dan penyimpanan sistem android seperti baru lagi. Sebagai catatan sebelum menggunakan cara ini pastikan komponen layar dan touchscreen tak ada masalah.

Demikianlah cara mudah melakukan kalibarasi layar smartphone androiod dengan menggunakan bantuan beberapa aplikasi dan trik. Semoga bermanfaat dan berguna.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar