Skip to main content

Cara Membuat GIF dari Video dan Mengatifkan Boomerang di Instagram

Cara Membuat GIF dari Video dan Mengatifkan Boomerang di Instagram - Aplikasi Boomerang from Instagram ini berfungsi untuk menciptakan sebuah foto bergerak berdurasi pendek dengan efek loop (berjalan maju & mundur, dan akan terus berulang) dengan format file GIF. Dari Sebuah file GIF aplikasi boomerang  ini mampu menyimpan beberapa frame gambar yang nantinya  otomatis akan diputar secara berulang, sehingga tampak seperti sebuah video yang berdurasi  pendek. Walaupun sebenarnya file GIF bukan termasuk dalam salah satu format file video.

Cara Membuat GIF dari Video dan Mengatifkan Boomerang di Instagram

Aplikasi Boomerang akan mengambil 5 foto secara burst, yang nantinya akan dirangkai menjadi sebuah file GIF dengan penerapan efek loop secara otomatis.  Video singkat yang dihasilkan dari aplikasi Boomerang ini berkualitas cukup tinggi. Dengan kombinasi dari jumlah frame dan frame rate-nya sangat pas, sehingga gerakan yang dihasilkan berjalan cukup halus (smooth).   Hanya saja kekurangan dari aplikasi boomerang ini tidak ada tambahan fitur lain yang memungkinkan kita membuat file GIF dari sebuah video.

Untuk itu kali ini Tips Android Terkini Ingin berbagai cara membuat File GIF dari video dan Mention ke Instagram dengan menggunakan bantuan aplikasi GIFShop. Aplikasi sejenis boomerang ini bisa kita gunakan untuk membuat file GIF dari video yang mana tidak ada dalam fitur aplikasi boomerang  Berikut langkah – langkah yang bisa kamu ikuti :

  1. Download aplikasi GIFShop.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasi.
  3. Pilih "Video -> GIF"
  4. Jika dirasa durasinya masih terlalu panjang, kamu bisa melakukan pemotongan lagi setelahnya dengan menu Trim.
  5. Sekarang, tap menu Reverse. Untuk membuat video berjalan mundur.
  6. Save video ini dalam format GIF. Dan jangan langsung menutup project!
  7. Setelah tersimpan, sekarang tekan Back untuk kembali membuka editor.
  8. Tap Reverse sekali lagi supaya video berjalan maju seperti semula.
  9. Buka menu Manage dan Add file GIF yang sebelumnya sudah kamu buat.
  10. Lakukan preview. Walaupun sudah terlihat seperti Boomerang, namun transisi antar frame masih dalam kecepatan normal.
  11. Sekarang pilih menu Speed. Tingkatkan nilai fps untuk mempercepat transisi antar frame.
  12. Save ke dalam format GIF.  Selesai
Itulah cara membuat file GIF Aplikasi Boomerang dari video yang bisa Anda gunakan untuk mengupload ke akun instagram stories Anda.

Cara Mengatifkan Boomerang di Instagram Dan Mention Ke Instagram Stories


Perlu anda ketahui sekarang ini untuk membuat video boomerang di instagram stories sudah bisa anda lakukan tanpa menggunakan aplikasi boomerang.   Hal itu dikarenakan Instagram telah mengumumkan fitur baru yaitu Boomerang dan mention untuk Stories langsung dari aplikasi instagram.

Cara Membuat GIF dari Video dan Mengatifkan Boomerang di Instagram

Fitur ini ada saat pengguna ingin membuat Stories terletak di bagian bawah dengan dua opsi yaitu Normal dan Boomerang. Sama seperti aplikasinya, mode Boomerang di Stories juga untuk membuat konten GIF. Berikut cara mengatifkan boomerang di instagram.
  1. Periksa update pembaruan aplikasi Instagram yang Anda gunakan dan lakukan update jika belum.
  2. Buka aplikasi Instagram, kemudian Tap icon tambah (+) atau bisa dengan menggeser layar beranda ke kiri.
  3. Pada bagian bawah akan terdapat dua opsi yaitu Normal dan Boomerang, kemudian pilih Boomerang. 
  4. Kini saatnya Anda untuk membuat video Boomerang tanpa harus mengunduh aplikasinya.
  5. Fitur baru Boomerang di Instagram Stories juga memungkinkan untuk me-mention teman. Misalnya setelah membuat foto atau video di Stories dengan cara mengetikan  “@” yang disambung dengan nama akun yang dituju.
  6. Terakhir, Anda bisa mempercantik tampilan dengan mengubah warna tulisan atau membuat backgroud warna latar tulisan tersebut. Jika sudah tekan Done.

Selain fitur tersebut, Instagram juga menambahkan fitur baru lainnya, yaitu link “See More”. Tetapi menurut Instagram fitur tersebut masih dalam tahap uji coba dan nantinya akun yang diverifikasi bisa menambahkan link di Stories mereka.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat GIF dari video dan Mangaktifkan Boomerang di Instagram yang dapat kami sampaikan. Silahkan berikan tanggapan Anda mengenai artikel ini di kolom komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar